Panasonic LCD 32" gambar hitam putih

                    Panasonic 32" gambar hitam putih.

 kali ini saya mendapat juga kerjaan sebuah televisi masih sejenis lcd, lcd yaitu lampu penerangannya menggunakan lampu lhe(lampu neon) belum menggunakan chip lamlu led.
 gambar tampilannya sering menjadi hitam putih, dulu beberapa bulan lalu coba saya solder ulang bagian chip nya.. menjadi normal.,
tapi tidak bertahan lama,yang ternyata saya telusuri bagian input videonya langsung menuju chip prosesor, jadi saya vonis memang chip mediateknya sudah lelah,,, melihat harganya yang mahal, saya konfirmasi ke pemilik dulu, nanti saya ubah pengkabelannya dulu sebelum fix ganti mainboard.
 AV 1 bagian component input biasanya digunakan yang sekarang sering menjadi hitam putih saya cabut saja konektornya.lalu ada input AV2 untuk audio video input berbentuk CVBS harusnya untuk socket berbentuk RCA namun didalam tv menggunakan port jack audio 3,5mm.
saya ambil video dan audio disitu lalu sambungkan meuju port RCA bekas y/pb/pr bagian Y(yellow/green). untuk audionya saya sambungkan ke RCA audio input.
 Disitu ada input HDMI juga namun tidak berfungsi, saya perbaiki sekalian.

Alhamdulillah modifikasi RCA audio video input dan HDMI berhasil.,

Posting Komentar

0 Komentar