Electrosurgical mati total

Datang juga sebuah perangkat alat medis yang fungsinya menurut dokter, ( beda dengan dokter elektronik seperri saya. wkwk)
alat ini berfungsi sebagai alat untuk menyayat, memotong kulit atau jaringan pasien.
entah mungkin untuk sunat atau hal medis lainnya.
 Saat sampai ditempat, dinyalakan memang benar mati total,.
Lalu saya bongkar, nampaknya ada beberapa bagian power supply yang pernah ada percobaan perbaikan sebelumnya di tempat lain, alhasil saya tanyakan ke pemilik,, katanya iya pernah kemarin di tukang servis temennya temen, lalu ditunjukkan bagian IC di blok unit pemroses step up yang kodenya di gores jadi tidak nampak.
 menurut mereka dan dituturkan kepada pemilik, bahwa IC itu yang rusak susah mencari penggantinya dan akhirnya menyerah.

 Tapi .. menurut saya bukan blok itu, karena blok itu merupakan blok unit step up fungsi dari alat itu sendiri, dan bukan power supply nya.
Seperti biasa, saya cek Elco bagian input modul berapa voltase, terlihat 35v 2200uf. nampaknya unit ini bekerja pada tegangan mungkin sekitar 12v sampai 25vdc.
lalu saya gunakan power supply terpisah, dan unitpun menyala berfungsi normal,. berarti blok fungsi alat ini masih bisa bekerja, dan IC yang digores memang bukanlah penyebab mati totalnya.
Lalu saya telusuri blok primer power supply, ukur semua komponen resistor smd.
Didapati sebuah resistor smd ukuran 100 ohm putus,,
sedangkan yang lain normal, lalu saya ganti dengan resistor gelang sesuai nilainya.
alkhamdulillah akhirnya PSU bisa berfungsi, dan alat bisa bekerja sesuai perangkatnya.
Tegangan kerja memang benar di 24vdc..
apakah tukang servis yang sebelumnya buruk,? entahlah.. dia hanya masih meraba raba.. belum paham perbaikan per blok nya mungkin,dan menyerah. padahal hanya satu upil resistor smd 100 ohm saja yang mati.
salam solder panas dari brebes..

Posting Komentar

0 Komentar