Cara modifikasi memasang modul mesin mp3 atau mp5 modif ke dalam ampli speaker aktif yang belum ada pemutarnya.

 Jumpa lagi di kesempatan ini kita akan menjelaskan tentang pemasangan mp3 / mp5 player pada speaker aktif jadul/lama. Atau radio compo jadul lama atau juga membuat modul pemutar musik terpisah.
 Pada umumnya modul mp3 atau mp5 menggunakan tegangan kerja 5 volt hingga 12 volt.tegangan kerja standarnya 9 volt untuk masukan baiknya.
Tapi dengan memberi tegangan 5 volt pun masih bisa beroperasi dengan baik,yang penting ampere dari sumber tegangannya tidak drop atau stabil hingga tidak mengurangi /menurunkan kurang dari 5 volt.
 Gambar diatas merupakan satu contoh proses pemasangan kedalam speaker aktif jadul.
Dengan menggunakan tegangan kerja dari tone control 12 volt diseri dioda in4002 bagian positif yang ke modul mp3/mp5.beserta kutub negatifnya.
 #Jika ampere dari tone control kurang,atau hingga membuat modul mp3/mp5 tidak bekerja normal maka baiknya ambil dari tegangan amplifier yang dibatasi dengan resistor 2k2 ohm dan dipasang elco 1000uf 16volt.ambil pada bagian CT /0 dan positif + karena pada umumnya menggunakan tegangan simetris + 0 - .
Dan jika tidak memungkinkan bisa juga menggunakan bekas charger ponsel 5volt 1 ampere.

 #Dan pasang output audio dari modul mp3/mp5 ke potensio bagian Volume .baiknya tiap ujung out audio L dan R dari modul diseri dengan RC ( resistor dan kapasitor paralel ,lihat gambar) 
 #Ada dua opsi,bisa dipasang pada L dan R di kaki tengah potensio sehingga tidak berpengaruh kika potenio volume diputar.hanya pengaruh volume di remot.
 #Jika dipasang dibagian ujung kaki potensio maka saat potensio diputar,suara dari modul mp3/mp5 pun berpengaruh besar kecilnya.(disarankan karena sebagian modul,saat awal dinyalakan volume full ).
 #Jika suara di speaker nampak terdengar dengungan,coba pasangkan kabel ke ground modul dan cari posisi ground di amplifier / PA hingga dengungan hilang.
#Atau ada suara treett tet teet tet.. (suara prosesor modul yang interferensi masuk ke tone control) maka tutuplah bagian yang ada cpu pada bagian modul mp3/mp5 dengan isolatip alumunium (yang buat nambal panci) secukupnya. Dan se pengelaman suara itu hilang.
Semoga sukses modifikasinya..selamat berkarya.

Posting Komentar

0 Komentar