Sharp universe 14 inch protek lampu merah hijau merah lagi IC LM317 menggantikan 7808 bisakah ?

 Sharp universe 14 inch protek lampu merah hijau merah lagi
IC LM317 menggantikan 7808 bisakah ?

Malam ini melanjutkan pekerjaan yang tertunda karena call job di tempat pemilik TV,saat perbaikan komponen pengganti tidak terbawa.
Y sudah saya bawa pulang saja..untungnya ukuran Tv tabung ini kecil hanya 14 inchi.
Awal pembukaan perbaikan dirumah pemilik dicoba nyalakan dengan remot maupun tombol channel up hanya indikator merah lalu hijau kembali ke merah lagi dan dicoba on ulang pencet tombol channel up maupun remot power on tidak mau on/ tetap menyala merah.
Berarti kondisi ini televisi proteksi.
Buka case dan cek nampaknya elco elco bagian pendukung blok vertical defleksi kembung..dan langsung saya ganti dengan yang baru,,solder ulang semua blok yang nampak tipis kering atau terlepas.
Lalu tes.. Colok ke listrik power on.. Masih tetap proteksi..
Saat saya tes ukur tegangan sesaat output regulator normal semua, flyback pun bekerja menghasilkan beberapa output tegangan yang sesuai,.
Namun ada satu output yang kurang,yaitu dari IC 7808 hanya 4.3volt. Sedangkan di kaki inputnya 10v.
Nah karena stok ic habis maka unit tv saya bawa pulang dan modifikasi dengan IC lm317 untuk keluaran 8 voltnya. Lihat gambar dibawah ini
Saya posisikan terbalik karena kaki input lm317 sebelah kanan,sedangkan 7808 sebelah kiri.
Untuk kaki VR saya taruh tengah ke ground.
Dan jadilah sebagai pengganti ic 7808 yang rusak.
Semoga bermanfaat untuk kawan semua diseluruh dunia..




Posting Komentar

0 Komentar