Multimax mati total hanya indikator merah menyala tombol tidak respon

 Multimax mati total hanya indikator merah menyala tombol tidak respon
Datang sebuah TV Tabung merek multimax dengan kondisi tidak mau menyala mati hanya indikator merah menyala saat dipencet tombol apapun tidak respon apapun.
 
Gambar diatas adalah setelah selesai pencarian komponen yang rusak karena sempat puyeng beberapa jam. Hehe..
Biasa buka case tv.. Bersihkan pcb lalu solder ulang bagian yang nampak lepas dan solderan tipis.
Setelah itu nyalakan unit ukur beberapa pin tegangan kerja.. Nampaknya normal ditiap sumbernya.hmm..
Elco elco bagian sekunder untuk B+ dan lainnya saya ganti beberapa yang mengalami penurunan kualitas.
 lalu tes ulang.. Masih saja no respon..
Saya ukur ukur.. Telusuri.. B+.. 12v.. Menuju 5volt.. Dan nampaknya ada keanehan di pin ic 33 Vddp, perhatikan gambar dibawah ini
Harusnya disitu ada tegangan 3.3volt.. Namun saya ukur disitu hanya ada sekitar 1.63v..
Nampaknya permasalahan ada disini..
Saya telusuri jalur yang tipis banget.. Menuju supply tegangan 5 volt.. Melalui beberapa resistor.. Jumper..
Dan ada sebuah L dengan beberapa gelang warna.
Memang biasa saya temukan komponen L (kumparan) ini putus atau berubah nilai.. Ini bukan resistor ya..
Lalu saya lepas dan ganti dengan cabutan dari mesin lain yang tidak terpakai.
Sambil deg degann.. 
Saya colokkan steker ke sumber listrik..
Lalu bunyi crek.. Lampu indikator yang merah jadi mati/padam.. 
Nah apa ini..
Saya lihat dilayar.. Walah.. Mau menyala...
Alhamdulillah.. Selesai musmet ini..😁



Posting Komentar

0 Komentar