Samsung gambar blank biru polos redup bergaris garis suara normal

 Samsung gambar blank biru polos redup bergaris garis suara normal


Datang sebuah TV tabung merek samsung 21 inch jika dinyalakan hanya blank biru polos redup bergaris garis tipis dan saat antena disambungkan ada suara siaran televisi normal.
 biasa buka case dan ukur tegangan kerja di tiap pin dan solder ulang bagian yang nampak lepas dan tipis solderannya.
Lanjut melihat beberapa komponen elco yang melepuh diganti baru dan bagian penting disetiap supply sekunder tidak lupa ukur dengan ESR meter..
Tes nyalakan unit.. Ternyata masih sama saja blank biru polos..
Lanjut ukur tegangan RGB pada output ic menuju PCB CRT.. Di pin katoda RGB dan tegangan kerjanya yang 180v nampak normal..
Hmm..mulai agak makan waktu..
Telusuri.. Tegangan kerja lainnya.. Tertuju pada pin ABL nampaknya janggal..
Tegangan drop, nah ini..
Saya lepas resistor yang menjadi supply tegangan ABL,dengan melihat gelang warna sepertinya 10k ohm.. Saya ukur dengan multitester.. Nampaknya 99k ohm.. Saya ukur dengan ESR meter.. Nah,lho.. Bener jadi 100 k ohm.. Melar..
Lalu saya ganti dengan resistor yang senilai dengan watt yang lebih besar..
Saya ukur dulu sebelum dipasang,

Setelah dipasang lalu saya ukur tegangan kerja sesuai apa tidak..dan juga sumber untuk ABL dari B+..
Setelah penggantian sebuah resistor itulah pekerjaan telah selesai.
Hanya tinggal setting beberapa parameter yang tidak begitu musmet.. Hehe

Posting Komentar

0 Komentar