Sharp kedip 6 kali sharp qbeat protek kedip enam kali

Sharp kedip 6 kali sharp qbeat protek kedip enam kali 
 Sempat dipusingkan dengan sharp qbeat yang lampu led merah kedip kedip enam kali..
Telusur tanya sana sini ada referensi tabel dibawah ini,
Ada yang katanya memory,lalu saya ganti,Namun tetap tidak membuahkan hasil..
Seperti biasa bongkar unit dan cek beberapa komponen lalu didapati beberapa elco serta resistor yang nampak melepuh mengelupas dan terbakar,komponen ini ada pada bagian power supply 5 volt dan 8 volt yang sumber tegangannya dari flyback.
Menurut saya kedip kedip ini bukan pengaruh ini,karena unit TV sharp belum sempat menyala ataupun flyback tidak nyembur.Namun tetap saya ganti dengan yang baru..
Lalu saya lepas transistor horisontal,cek ternyata mati rusak saya ganti juga..
Cek tegangan kerja standby apakah ada..
Saya nyalakan unit TV dan ukur pada pin 12v ,dan B+ flyback skala 200vdc pada multitester,nampak tegangan berdenyut naik turun mengikuti irama kedipan lampu indikator led merah dengan enam kali kedipan lalu mati.
Saya ukur pada posisi mati, untuk 12v menjadi 0v, untuk B+ menjadi 5 v. Hmm.. Nampaknya ini karena bagian primer yang tidak normal..
Satu persatu elco bagian PSU primer..saya tes dengan ESR meter yang nilainya melenceng saya ganti lalu saya nyalakan, jika masih kedip kedip saya lanjutkan penggantian elco lain.hal ini saya lakukan supaya mengerti bahwa bagian elco mana yang menyebabkan drop kedip kedip ini.
Lalu terakhir saya temukan elco kecil banget bentuknya,dengan ukuran 1 uf 50v.
Saat kondisi eror kedip kedip 6 kali lalu mati disitu saya ukur tegangan tidak ada sama sekali atau 0volt.
Dengan kode C716 disitu saya dapati nilai sesuai 1uf namun ESR menjadi 55 ohm, saya curiga inilah penyebabnya.
Lalu ganti dengan elco yang baru..
Langsung tes..
Unit sharp Qbeat ini pun mau menyala dengan sempurna..
Ukur di pin elco C716
ok.. Tegangan ada..13volt..
Tidak lupa ukur ukur tegangan supply sekunder apakah normal semua untuk 12v,B+.5volt
cukup banyak yang saya ganti karena memang usia tv sudah lama..
Akhirnya selesai sudah sharp qbeat 21 inch led indikator kedip kedip 6 kali selesai ditangani..

Posting Komentar

0 Komentar