televisi led merek samsung UA40M5000AK mati total.

Perbaikan sebuah televisi jenis led merek samsung UA40M5000AK mati total.
 kondisi saat televisi datang saat saya tes memang benar tidak ada indikator menyala apapun, dari suara ataupun led merah didepan frame.
lalu saya bongkar case nya yang lumayan cukup susah karena ukurannya yang besar harus hati hati.

Setelah terbuka lalu saya nyalakan unit televisi led samsung nya. dengan pengukuran di tiap blok power supply pendukung memang tidak ada tegangan yang dihasilkan pada bagian primer nya.
lalu saya cek satu persatu komponen penunjang disitu, ditemukan sebuah dioda yang sudah putus bukan shor ya, soalnya kondisi rusak atau matinya suatu komponen semikonduktor itu tidak pasti, ada yang berkurang nilai kinerjanya, ada yang mati putus membuat suatu perangkat mati sama sekali, ada pula yang mati nyambung / short sehingga bisa menyebabkan bagian power supply atau blok lain terganggu.
terkadang menimbulkan suara cuitan trafo.. atau suara aneh lainnya.
disini saya ganti dengan dioda kaki tiga mirip transistor namun fungsinya sama hanya besaran ampere dan tegangannya lebih besar. dengan harapan semoga lebih awet saat digunakan kembali televisinya oleh pemiliknya.
akhirnya setelah penggantian dioda supply dan sekalian solder ulang bagian bagian yang nampak tipis televisi mau menyala dengan normal.
alhamdulillah..

Posting Komentar

0 Komentar