Televisi sharp tabung mati total gambar menyempit

Lama tidak jumpa.. dengan kesibukan dunia nyata.. padahal banyak sekali bahan pengalaman ilmu yang bisa saya share namun karena waktu yang tidak selalu sempat untuk mengetik jadi semampunya waktu..
 Langsung saja ya.. datang sebuah televisi tabung 21 " inch merek sharp mati total tidak ada gambar tidak ada suara.
melihat kondisi soket RCA luar nampaknya sudah diganti dengan modul mesin cina pada umumnya..
langsung saja saya bongkar dan tidak ada kejanggalan elco kembung atau resistor gosong dan lain lain.
saya ukur colokkan soket sumber daya dan tegangan 300volt di elco bagian primer ada..
hmm..
 nampaknya sekunder nih.. coba ukur bagian sekunder nampaknya ada penurunan tegangan bagian supply tegangan menuju IC utama. bisa jadi faktor ini yang menyebabkan mati total.
saya lepas elco filternya.. lalu saya besarkan nilai micro faradnya.. tadinya 470uf saya besarkan menjadi 1000uf dengan tegangan naik juga menjadi 35volt.
waktunya tes.. jreeenggg.... alhamdulillah televisi menyala.. namun nampaknya layar kurang lebar kanan kiri.
hmm.. saya masuk servis mode dengan cara pencet tombol rahasia di remot bawaan lalu setting horisontal ternyata fitur hanya untuk menggeser kanan kiri saja.hanya bagian vertikal yang bisa diatur lebarnya.
akhirnya saya kecilkan nilai kapasitor bagian blok IC horisontal, maaf lupa tidak saya foto, pokoknya bagian yang menghubungkan antara kaki basis dan colector transistor.
akhirnya gambar bisa full..
tidak lupa saya coba searching pencarian siaran televisi.. ok menangkap dan menyimpan,suarapun normal.
semoga manfaat kang..

Posting Komentar

0 Komentar